Pemilik dan pengisi Blog ini.

Pada tanggal 4 April 2016 lalu DR. Drs. Achmad S. Ruky, MBA, baru menyelesaikan masa tugasnya sebagai Komisaris Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk., sebuah BUMN yang bergerak dalam sektor industri baja terpadu dan telah terdaftar di Bursa Saham tetapi 80 % saham nya masih dikuasai Negara. Sejak saat itu ia kembali aktif secara penuh sebagai konsultan atau penasihat manajemen dan manajemen sumberdaya manusia.

Dari tanggal 6 Juni tahun 2011 sampai akhir Maret 2015, ia adalah Komisaris Independen, sekaligus Ketua  Komite Audit dan Ketua Komite Nominasi dan Remunerasi di perseroan yang sama.

Dari tanggal 1 Juni 2011 sampai tanggal 31 Desember 2013, DR. Ruky juga digunakan oleh PT Krakatau Posco, perusahaan baja patungan antara Pohang Steel Corporation, Korea Selatan dengan PT. Krakatau Steel sebagai Advisor selama dalam proses pembangunannya. Perjalanan karirnya dimulai  dari tahun 1967 sejak ia baru lulus sebagai Sarjana Administrasi Niaga dari Universitas Pajajaran, Bandung. Ia langsung ditarik untuk bekerja pada sebuah perusahaan produsen makanan dan minuman milik Pemda Jabar. Ia bekerja dalam bidang pemasaran/penjualan dan pengelolaan pabrik.

Dari tahun 1970 – 1973 ia sempat tinggal di Melbourne, Australia untuk mengikuti program studi MBA di Universitas Melbourne dan bekerja sebentar untuk mendapat pengalaman.

Setelah kembali dari Australia ia sempat bekerja pada sebuah perusahaan nasional dalam bidang Corporate Planning & Budgeting, lalu sebuah perusahaan tambah timah Australia di pulau Bangka sebagai Admin Officer, kemudian ditawari menjadi Personnel & Industrial Relation Manager oleh The Goodyear Tire & Rubber Coy di Bogor, Jawa Barat (1975 – 1978), lalu menjadi GM. Personnel untuk ICI Group (1978 – 1982), Sr. Manager Operation Support untuk sebuah perusahaan migas di Balikpapan, Kalimantan Timur (1982 – 1985). Sempat menjadi konsultan sebagai  Associate Director untuk General Management Consulting, PWS, Jakarta.

Posisi eksekutif senior yang pernah dijabatnya adalah:

  1. Direktur SDM untuk P.T. Indofood Interna Corporation (sekarang Indofood Sukses Makmur) tahun 1986 – 1989.
  2. Direktur SDM untuk P.T. Semen Cibinong (sekarang Holcim), tahun 1989 – 1993.
  3. Direktur SDM untuk kelompok perusahaan Mercedes Benz Indonesia dari awal bulan Januari 1994 sampai 31 Desember 1998.

Selama tahun 1998 sampai bulan Maret 1999 ia menyelesaikan tugas melakukan riset sekaligus penulisan disertasi dan mengikuti ujian Doctor of Management Science dari Technological University of the Philippine, sebuah universitas negeri di Manila, Filipina.

Mulai bulan April 1999 ia berprofesi penuh sebagai konsultan dan berspesialisasi dalam  manajemen modal insani  dan peningkatan kinerja organisasi. Beberapa perusahaan besar yang pernah dibantu oleh DR. Ruky adalah PT Gudang Garam – Kediri (tahun 2000), PT Salam Pacific I. L. Surabaya (2001 – 2002), Bank BTPN, Hyundai Motor Indinesia, PT KAI, dan PT Krakatau Steel.

Dari tahun 2007 sampai 2010, DR. Ruky bersama timnya membantu Kementrian Negara PAN dalam pekerjaan Perbaikan Sistem Penggajian Pegawai Negeri Sipil dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Selama masa itu, ia dan timnya juga sempat membantu SETNEG dan SEKAB, Kementrian BUMN, BKPM, BPH MIGAS, Kemenko POLHUKAM, LEMHANAS, Menko EKUIN, dan KemDIKNAS  dalam melaksanakan pembuatan Struktur Kelas Jabatan (Job Grade Structure) melalui proses Analisis Jabatan, pembuatan Uraian Jabatan dan Evaluasi Jabatan.

Dari bulan Oktober 2008 sampai Oktober 2010 ia sempat  menjadi Penasihat Ahli POLRI untuk melaksanakan Reformasi Birokrasi tahap pertama pada institusi tersebut. Setelah tahun 2010 ia masih tetap sebagai Penasihat Ahli dengan status tidak purna waktu.

Kegiatan Non Business.
Pada tahun 1978 ia turut mendirikan organisasi profesi pertama bidang MSDM di Indonesia yaitu Perhimpunan Manajemen Personalia Indonesia (PMPI) yang kemudian berubah menjadi Asosiasi Manajemen SDM (AMSM) Indonesia dan akhirnya sekarang menjadi Perhimpunan Manajemen SDM (PMSM) Indonesia. Dari  tahun 1987 sampai 1999, Dr. Ruky menjadi Ketua Umum organisasi tersebut dan juga aktif sebagai anggota Board of ASEAN Federation of Human Resources Management.

Dr. Ruky juga seorang penulis yang produktif. Hasil karyanya yang berbentuk buku dari tahun 2000 sampai tahun 2014 terdiri dari 5 buah buku yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama dan 1 buah buku diterbitkan oleh Andi Offset, Jogyakarta.  Selain itu, ia juga aktif dalam  organisasi profesi MSDM/HR.

Selain menulis buku, Dr. Ruky juga aktif membagi ilmu dan pengalamannya dengan mengajar pada kelas kelas eksekutif pada program MBA/MM yang diselenggarakan oleh beberapa Universitas. Misalnya pada program Magister Manajemen UNPAD, UNAIR, UNRI dan UMJ Jakarta.

Achmad S. Ruky saat menjalankan hobby nya. Mancing.

Untuk menghubungi penulis dapat menggunakan:

Jakarta 2 Januari 2017