PENGANTAR

       CV (dibaca: sivi) yaitu singkatan dari Curriculum Vitae (dibaca: kurikulum vite) sangat dikenal di kalangan angkatan kerja yang termasuk kelompok “profesional”dan generasi muda yang sudah cukup “modern” yang bekerja dalam lingkungan organisasi bisnis. Tetapi di lingkungan institusi pemerintahan dan masyarakat umum di Indonesia, istilah yang lebih umum digunakan adalah (Daftar) Riwayat Hidup. Sebuah CV adalah dokumen pertama tentang seorang pelamar kerja yang akan dipelajari oleh petugas rekrutmen, pejabat yang memerlukan karyawan baru dan pejabat lain yang akan terlibat dalam proses seleksi, misalnya dalam proses wawancara final.

       Apa sebenarnya perbedaan antara sebuah CV dengan Daftar Riwayat Hidup dan mengapa CV disajikan secara berbeda akan dijelaskan cukup lengkap di bawah nanti. Sebenarnya ada sebuah bentuk lain yang biasa digunakan selain CV yang disebut Resume (dibaca: resume) tetapi sebuah Resume sangat ringkas sekali dan biasanya tidak lebih dari 1(satu) halaman. Isinya hanya 2 atau 3 paragraf yang merupakan sebuah ringkasan dari seluruh isi sebuah CV. Istilah Resume dalam konteks ini memang diambil dari bahasa Perancis yang berarti “ringkasan”. Resume seringkali diikutkan dalam CV yaitu dijadikan sebagai bagian “pendahuluan”-nya. Sebuah contoh Resume dapat dilihat di akhir tulisan ini.

PERBEDAAN ANTARA CURRICULUM VITAE DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP

      Peran sebuah CV pada dasarnya sama dengan Daftar Riwayat Hidup yaitu, sebuah dokumen yang berisi informasi tentang kualifikasi seseorang, baik pendidikan dan pelatihan yang pernah ditempuhnya dengan sukses dan pengalaman kerja yang dimilikinya. Tetapi dalam penyajiannya, sebuah CV akan ditulis agak berbeda dari Daftar Riwayat Hidup. Penulis sering membaca Daftar Riwayat Hidup yang dibuat oleh para pejabat level manajerial terutama di BUMN, yang pada bagian yang menguraikan pekerjaan atau jabatan yang mereka pernah duduki hanya mencantumkan nama jabatan saja tanpa ada penjelasan tentang apa tanggung jawab pokok dan tugas-tugas dari  jabatan tersebut, apalagi tentang prestasi yang pernah mereka capai.

       Dalam sebuah CV, informasi dan data tentang pemiliknya akan disajikan dengan cara khusus agar memenuhi dua tujuan. Pertama, menonjolkan apa yang kira-kira dicari dan ingin diketahui oleh pembacanya. Kedua, menonjolkan hal-hal yang dianggap akan menarik perhatian bagi mereka yang membacanya. Sebuah CV yang dikirimkan oleh para pelamar kerja akan menjadi dokumen pertama yang akan dibaca dan dipelajari sebelum masuk ke tahap berikutnya dalam proses seleksi, khususnya untuk menyeleksi pelamar pada level manajerial, eksekutif dan level profesional umumnya. Oleh karena itu, sebuah CV mempunyai peran yang penting sekali dan pembuatan atau penyiapannya harus dilakukan dengan hati-hati dan agar membantu menciptakan citra positif bagi pembuatnya proses “menjual” dirinya. Sebuah CV misalnya, biasanya juga menonjolkan semua prestasi yang pernah berhasil dicapai, apalagi bila sampai mendapat penghargaan, baik dalam pendidikan maupun dalam pekerjaan yang pernah dijabatnya.

       Bagi kelompok pekerja profesional, adalah sudah menjadi keharusan untuk selalu memutakhirkan CV mereka bila ada perubahan yang terjadi. Apakah itu berupa tambahan pendidikan, pelatihan atau pengalaman kerja. Di negara-negara Inggris, Anggota Persemakmuran dan Irlandia, sebuah CV biasanya dibuat agak ringkas, maksimum dua halaman kertas ukuran A4. Tetapi di Amerika Serikat, khususnya di lingkungan Akademisi dan para profesi medis, sebuah CV cukup panjang karena biasanya mereka memberikan uraian rinci tentang kualifikasi mereka, semua capaian dan prestasi akademis, hasil riset, eksperimen yang pernah dilakukan, dan lain-lain.

FORMAT SEBUAH CURRICULUM VITAE

       Di bawah ini adalah sebuah format CV yang agak standar yang pernah disiapkan oleh  sebuah bank asing beberapa tahun lalu saat mereka mencari konsultan untuk melaksanakan salah satu pekerjaan.  Penulis sengaja memberi contoh format yang berbahasa Inggris untuk membiasakan para pembaca membuatnya. Bagi yang ingin melihat bentuk CV yang sangat lengkap dan rinci sekali, silakan pelajari CV  milik penulis yang baru dimutakhirkan bulan Juni tahun 2018 ini. Dilampirkan di ujung dari tulisan ini.

Contoh Format

CURRICULUM VITAE

  1. The Position Applied            : (Jabatan yang dilamar)
  2. Personal Details                            (Data rinci pribadi)Name :     

    Date of Birth :

    Nationality     :

    Address         :

    Telephone No.            :

    Mobile Phones No. :

    Email Address       :

  3. Education :  (Untuk yang berpendidikan S1, cukup jelaskan pendidikan tertinggi dan SLTA. Bagi yang memiliki ijazah S3 cukup sampai S1 saja). Jurusan yang dipilih. Mengapa memilih jurusan itu? Mata kuliah apa yang nilainya paling bagus
  4. Trainings & Courses:     (Pelatihan-pelatihan yang pernah diikuti. Pelatihan apa saja. Apa yang dipelajari. Mengapa mengikuti? Inisiatif sendiri? Apakah dirasa bermanfaat? Atau ditugaskan oleh perusahaan?)
  5. Languages & Degree of Proficiency)    : (Bahasa yang dikuasai)
  6. Membership of Professional Society (Keanggotaan dalam organisasi      Profesi: (Organisasi apa? Mengapa? Sebagai apa?)
  7. Country of Work: (Di negeri mana saja pelamar pernah bekerja)
  8. Experience
  9. Employment Record: (Harus diberikan uraian rinci seperti di bawah ini)From (D/M/Y) :    

    Employer :

    Position Held      :

    Description of Duties :

    Noted Achievements :

    From (D/M/Y) :    

    Employer :

    Position Held    :

    Description of Duties :

    Noted Achievements :

  10. Hobbies and Non-Work Related Activities:
  11. Certification                  :

I, the undersigned, certify that to the best of my knowledge and belief, this biodata correctly describes myself, my qualifications, and my experience. I understand that any willful misstatement described herein may lead to my disqualification or dismissal, if engaged.

Yes                             No

SIGNATURE             :

DATE OF SIGNING:


CONTOH SEBUAH RESUME

Achmad S. Ruky adalah seorang praktisi senior yang sekaligus pakar manajemen, khususnya bidang sumber daya manusia. Sejak tanggal 4 April 2016 lalu ia telah menyelesaikan masa tugasnya sebagai Komisaris Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk., sebuah BUMN yang bergerak dalam sektor industri baja terpadu dan telah terdaftar di Bursa Saham tetapi 80 % sahamnya masih dikuasai Negara. Sebelumnya, sejak 6 Juni tahun 2011 sampai akhir Maret 2015, ia bertindak sebagai Komisaris Independen, sekaligus Ketua Komite Audit dan Ketua Komite Remunerasi di perseroan tersebut. Dari tanggal 1 Juni 2011 sampai tanggal 31 Desember 2013, DR. Ruky juga menjadi Human Resource Management Advisor untuk PT Krakatau Posco, perusahaan baja patungan antara Pohang Steel Corporation, Korea dengan PT Krakatau Steel.

Sebelumnya, dari tahun 1967 sampai akhir tahun 1998 ia bekerja untuk beberapa perusahaan multinasional dan nasional, tetapi selama 3 tahun (tahun 1970 – 1973) sempat tinggal di Melbourne, Australia untuk mengikuti program studi MBA di Universitas Melbourne dan bekerja untuk mendapat pengalaman. Ia memulai karirnya dalam bidang pemasaran, tetapi sejak tahun 1975 beralih ke bidang manajemen sumber daya manusia. Posisi eksekutif senior lainnya yang pernah dijabatnya adalah sebagai Direktur SDM untuk PT Indofood Interna Corporation (sekarang Indofood Sukses Makmur)– tahun 1986 – 1989, Direktur SDM untuk PT Semen Cibinong (sekarang Holcim), tahun 1989 – 1993 dan sebagai Direktur SDM untuk kelompok perusahaan Mercedes Benz Indonesia dari tahun 1994 sampai 1998.

Sejak Januari 1999 ia berprofesi sebagai konsultan dan berspesialisasi dalam manajemen sumber daya manusia dan peningkatan kinerja organisasi. Selama berkiprah sebagai Konsultan tersebut, dari tahun 2007 sampai 2010, DR. Ruky bersama timnya sempat membantu Kementerian Negara PAN dalam pekerjaan Perbaikan Sistem Penggajian Pegawai Negeri Sipil dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Ia juga sempat menjadi Penasihat Ahli POLRI untuk melaksanakan Reformasi Birokrasi tahap pertama pada institusi tersebut dari bulan Oktober 2008 sampai Oktober 2010. Sejak bulan Mei 2016 ia kembali aktif dalam profesinya yang lama sebagai Konsultan/Penasehat Manajemen independen (freelance) yang sangat aktif.


CONTOH CURRICULUM VITAE

  1. DATA PRIBADINama Lengkap : ACHMAD SOFJAN RUKY

    Kebangsaan : INDONESIA

    Alamat            :

    No. Telepon Rumah :     

    No. Telepon Mobil :     

    Alamat e-mail :                   

  2.  KEGIATAN SAAT INI.Sejak Januari 1999 ia berprofesi sebagai konsultan dan berspesialisasi dalam manajemen sumber daya manusia dan peningkatan kinerja organisasi. Selama berkiprah sebagai Konsultan tersebut ia mengerjakan sejumlah pekerjaan besar dan kecil yang bisa ditemukan dalam lampiran khusus CV ini. Dua dari pekerjaan yang terbesar tersebut adalah pertama, membantu Kementerian Negara PAN dalam pekerjaan Perbaikan Sistem Penggajian Pegawai Negeri Sipil (tahun 2007 sampai 2010) dan kedua adalah menjadi Penasehat Ahli Pelaksanaan Reformasi Birokrasi tahap pertama pada institusi POLRI (Oktober 2008 sampai Oktober 2010).

    Kemudian, dari tanggal 6 Juni tahun 2011 sampai akhir Maret 2015, ia diangkat sebagai Komisaris Independen, sekaligus Ketua Komite Audit dan Ketua Komite Remunerasi di PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Kemudian, sejak tanggal 3 April 2015 sampai tanggal 4 April 2016 ia ditunjuk sebagai Komisaris Utama untuk perusahaan yang sama. Selama menjadi Komisaris dan Komisaris Utama pada perusahaan tersebut, ia tetap membagi waktu untuk melaksanakan pekerjaan konsultansinya. Akhirnya, sejak bulan Maret tahun 2016 ia kembali aktif sebagai Konsultan Manajemen independen

  3. PENDIDIKAN FORMAL DAN NON-FORMAL YANG DIMILIKINYA.
    1. Doctor Of Management Science dari TUP (Technological University of The Philippine) – di Manila, Republik Filipina dengan mempertahankan disertasi berjudul: “Cultural Interaction Within the Business Setting In Indonesia; Its Implications to Organizational Management” (April 1999).
    2. Master of Business Administration (MBA) dari Melbourne University Business School (MUBS), Australia, April 1972. Major Studies: Business Strategy and Marketing. Topik proyek penelitian akhir: “State Owned Enterprises in Indonesia”.
    3. Sarjana (S1) Administrasi Niaga dari FISIP pada Universitas Negeri Padjadjaran (UNPAD), Oktober 1966 – Jurusan Pemasaran. Skripsi: Mata Rantai Pemasaran Karet Rakyat di Kabupaten Lebak, Banten.
    4. Pelatihan, kursus, seminar dan lain-lain:
      1. Indonesian Senior Executive Program – INSEAD, Fontainebleau, Perancis (Juli – Agustus 1981). Kerja sama antara KADIN dan INSEAD. Dibiayai oleh perusahaan tempat bekerja saat itu.
      2. Pelatihan Intensif “Team Building” oleh Institut Coverdale di New Forest, Birmingham England, 5 hari terus menerus, 1981.
      3. Pelatihan Time and Motion Study, di Pabrik Goodyear di Tennessee, USA (1977) dikirim oleh PT Goodyear Indonesia.
      4. Pelatihan Teknik Negosiasi Hubungan Perburuhan di Cali, Columbia, Amerika Selatan,1977 dalam rangka Konferensi Internasional para Manajer SDM Goodyear seluruh dunia.
      5. Pelatihan Sistem Pengupahan dan Evaluasi Jabatan Sistem Points Rating di Kantor Pusat Goodyear di Akron Ohio USA (1977).
      6. Pelatihan Metode Evaluasi Jabatan Sistem Hasslam (Sistem Imperial Chemicals Industries) di Inggris (1978).
      7. Pelatihan Analisis Jabatan/Metode Evaluasi Jabatan Sistem Hay di Singapore (1978, 1983), dan Penyusunan Strategi dan Sistem Penggajian Hay di Jakarta (1978).
      8. Pelatihan Teknik Negosiasi Bisnis di Singapura 1991, dibiayai perusahaan.
      9. Workshop tentang Strategi Imbalan Jasa Alternatif di Hongkong, Juni 1996, dibiayai oleh Mercedes Benz Indonesia.
      10. Pelatihan Teknik Menjual Konsultatif dibiayai oleh Maersk Line Hong Kong & Singapore (1985).
      11. Kongres dunia tentang Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrid, Spanyol (1992), Hong Kong (1996).
      12. Workshop on Wage Restructuring, Singapore Human Resource Institute, Singapore, 13-14 October 2004. Biaya sendiri.
      13. Dan banyak lagi seminar dan lokakarya di dalam dan di luar negeri.
  4. PEKERJAAN/JABATAN YANG PERNAH DIPEGANG  ANTARA TAHUN 1967 -1998
    1. Direktur Sumber Daya Manusia, Mercedes Benz Group Indonesia, tahun 1994 – 1998. Menangani pengelolaan sumber daya manusia di tiga perusahaan; PT German Motors Manufacturing, PT Star Motor Indonesia, dan PT Star Engine Indonesia. Jumlah karyawan seluruhnya; 1.775 orang (akhir tahun 1997).
    2. Direktur Sumber Daya Manusia. PT Semen Cibinong tahun 1989 – 1994. Sejak tahun 1993 juga merangkap sebagai Direktur PT Semen Nusantara di Cilacap – Jawa Tengah setelah diakuisisi oleh PT Semen Cibinong.
    3. Direktur Sumber Daya Manusia, PT Indofood Interna Corporation, Jakarta, tahun 1986 – 1989. Saat itu jumlah pabrik yang dimiliki oleh perusahaan ada 11 buah dengan jumlah total karyawan 8.800 orang.
    4. Associate Director/Consultant, Price Waterhouse Consulting, Jakarta tahun 1985 – 1986. Bertanggung jawab untuk General Management Consulting Works, termasuk Feasibility Studies, Organizational Structure Redesigns, Sales and Customers Service Trainings.
    5. Senior Manager – Operations Support VICO Indonesia, Kontraktor Production Sharing Pertamina, ditempatkan di Balikpapan, Kalimantan Timur, tahun 1982 – 1985. Bertanggung jawab untuk semua pekerjaan non operasional, kecuali bidang Keuangan.
    6. General Manager – Personnel, Imperial Chemicals Industries (ICI) Group, tahun 1978 – 1982.
    7. Personnel & Industrial Relations Manager PT Goodyear Indonesia, Bogor tahun 1975 – 1978.
    8. Administration Officer, PT Koba Tin, Bangka Belitung, tahun 1973 – 1975.
    9. Perusahaan Daerah (PD) Makanan & Minuman Provinsi Jawa Barat, Bandung (1967 – 1970). Jabatan terakhir sebelum pergi ke Australia adalah Kepala Unit Pengawetan Daging – Badranaya.
  5. KEGIATAN MENGAJAR (SEBAGAI DOSEN) DI UNIVERSITAS
    1. Dosen pada program MM (Magister Manajemen) dari tahun 1994 – 2006 dan Doktor Manajemen Bisnis  (sejak tahun 2001– 2002 ) di UNPAD, Bandung, untuk mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia.
    2. Koordinator Program dan Dosen pada Program Magister Manajemen Sumber Daya Manusia pada program Pasca Sarjana Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Oktober 2000– 2006
    3. Dosen Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia, Program    Magister Manajemen Universitas Negeri Riau di Pekanbaru, tahun 2001 – 2002
    4. Dosen Program MM Universitas Muhammadiyah Jakarta Konsentrasi MSDM, Perkuliahan “Perencanaan Sumber Daya Manusia” tahun 2004.- 2006
    5. Dosen Tamu Program Magister Manajemen Universitas Airlangga, Surabaya, Mata Kuliah “Perencanaan Strategis MSDM”, tahun 2004
    6. Dosen Program MBA, Indonesian European University (Indonesia Esa Unggul), Program Berbahasa Inggris, tahun 1987 – 1990.
  6. AKTIVITAS DALAM ORGANISASI DAN LEMBAGA PROFESI   
    1. Ketua Dewan Pengupahan Nasional/DPPN(Mei 1990 – Agustus 1999).  Sebuah Lembaga di lingkungan Depnaker yang bertugas memberi saran dan pertimbangan kepada Pemerintah cq. Menaker tentang Kebijaksanaan dan Sistem Pengupahan Nasional, termasuk  penetapan Upah Minimum Regional (UMR) dan Sektoral.
    2. Salah seorang pendiri Organisasi Profesi dalam bidang manajemen personalia yang diberi nama PMPI dan menjadi Sekretaris Jenderal pertama. Berubah menjadi Asosiasi Manajemen SDM Indonesia dan menjadi Ketua Umumnya dari tahun 1987 sampai 1999. Organisasi itu saat ini menjadi PMSM Indonesia.
    3. Anggota Dewan Pakar Pusat Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO),  membidangi Pengupahan (Juni 2003- 2005)
    4. Ketua Kelompok Kerja Penyusunan Proposal tentang Sistem Penggajian Pegawai Negeri, dibentuk oleh Dewan Pertahanan dan Keamanan Nasional September 1999 di Bandung.
  7. BUKU DAN TULISAN YANG PERNAH DITERBITKAN
    1. Getting Down to Business in Indonesia, diterbitkan oleh PT Intipesan Pariwara, Jakarta (Desember 2016)
    2. Menjadi Tenaga Profesional Berkelas Global, diterbitkan oleh PT Intipesan Pariwara, Desember 2016
    3. Strategi, Kebijakan dan Cara Penataan, Upah, Gaji dan Remunerasi, diterbitkan oleh PT Intipesan Pariwara, Desember 2016
    4. Menyiapkan Diri Menjadi Eksekutif MSDM Profesional, 2015, Penerbit Andi, Yogyakarta.
    5. Sumber Daya Manusia Berkualitas Mengubah Visi Menjadi Realitas, diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, Agustus 2003.
    6. Sukses Sebagai Manajer Profesional Tanpa Gelar MM atau MBA, diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama Jakarta, Oktober 2002.
    7. Sistem Manajemen Kinerja (Performance Management System), diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, Jakarta Mei 2001 (sampai April 2004 empat kali cetak ulang).
    8. Merekrut dan Mendayagunakan Tenaga Profesional, Artikel, diterbitkan oleh “Manajemen dan Usahawan”, Jakarta, 1989.
    9. Sistem Merit Dalam Penggajian; Apakah Tepat Untuk Perusahaan Indonesia?, Artikel, dalam “Manajemen dan Usahawan”, Jakarta, 1994.
    10. Kepemimpinan Visioner; Sebuah Prasyarat Bagi Perusahaan Indonesia Untuk Menghadapi Tantangan Tahun 2000, artikel, diterbitkan oleh “Manajemen dan Usahawan”, Jakarta, 1996.
    11. Berputar-putar Mencari Kenyamanan Kerja”, artikel, diterbitkan oleh TIARA Jakarta, Juli 1997.
  8. PENYAJIAN MAKALAH PADA KONFERENSI INTERNASIONAL
    1. The Implication of National Culture to Human Resource Management  Application; Using Indonesia as a Case Reference”. A presentation (Keynote Speech) untuk the First National Conference on HRD, diselenggarakan oleh Industrial Development and Renovation Organization, Tehran, Iran, 25 Oktober 2003.
    2. The Cultural Roadblocks to Results Oriented Performance Appraisal System, presentasi untuk Konferensi Trainers Meet Trainers diselenggarakan oleh Center For Management Excellent, Kuching,  Sarawak, Malaysia (June, 2001).
    3. The Impact of Economic Crisis on Business and Human Resources in Indonesia, disajikan pada Konferensi Regional Asosiasi  Manajemen SDM Singapura, tentang Dampak Krisis Moneter di Singapore, May 25, 1998.
    4. The Implications of Cultural Interactions to Organizational Management In Indonesia, a presentation for ARTDO, Conference, Nusa Dua, Bali, September 16, 1999.
  9. KEGEMARAN: Travel di dalam dan di luar negeri, memancing di Samudera, mendengarkan music Blues dan Country, membaca dan menulis.
  10. PEKERJAAN JASA KONSULTANSI YANG TELAH DILAKUKAN SEJAK APRIL 1999 SAMPAI 2016 (Tidak dilampirkan karena terlalu panjang).

 

Jakarta 20 Juni 2018.

 

Baca juga:  Kartu Nama